Sabtu 20 Feb 2016 18:15 WIB

Pertama Kali, Bayi Badak Lahir Selamat di Toronto

Rep: C34/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bayi badak yang lahir di Toronto.
Foto: Mashable
Bayi badak yang lahir di Toronto.

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Seekor bayi badak jantan lahir di Kebun Binatang Toronto, Kanada, Rabu malam. Kelahiran badak India yang merupakan spesies terancam itu diumumkan pihak kebun binatang pada Jumat malam.

Bayi itu lahir dari pasangan badak betina berusia 11 tahun bernama Ashakiran dan badak jantan 12 tahun bernama Vishnu. Staf kebun binatang berkata, kelahiran tersebut sangat penting mengingat badak India terdaftar sebagai spesies terancam dan hanya tersisa sekitar 2.000 ekor di alam liar.

Badak India yang belum diberi nama tersebut adalah badak pertama yang lahir dengan selamat di kebun binatang Toronto sejak Agustus 1999. Saat ini, ibu dan anak badak belum dapat dilihat pengunjung umum.

"Ia terlihat sehat dan menyusu dengan baik, namun 30 hari pertama kehidupannya sangat penting dan kami akan terus memantau kondisi ibu dan anak," ujar pengelola Kebun Binatang Toronto lewat akun media sosial Instagram.

The Toronto Sun melaporkan, ini kali pertama sang ibu badak Ashakiran melahirkan bayi yang berhasil hidup. Sebelumnya, pada tahun 2011, bayi yang ia lahirkan tewas dan ia mengalami kesulitan mempertahankan kehamilan.

Untuk kehamilan kali ini, Kebun Binatang Toronto bermitra dengan Kebun Binatang Cincinnati. Ibu badak Ashakiran diasup progesteron oral untuk menguatkan kehamilannya.

Selain bayi badak, Kebun Binatang Toronto juga menyambut beberapa bayi hewan lain selama beberapa bulan terakhir. Beberapa di antaranya ialah beruang kutub dan panda raksasa kembar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement