Sabtu 30 Apr 2016 19:24 WIB

70 Migran Hilang di Laut Tengah

Red: Nur Aini
Kapal pengangkut imigran menuju Italia
Foto: cbc
Kapal pengangkut imigran menuju Italia

REPUBLIKA.CO.ID,ROMA -- Sebanyak 70 migran dilaporkan hilang di Laut Tengah pada Sabtu oleh petugas pertolongan Italia.

Penjaga Pantai Italia dilaporkan meminta satu kapal dagang untuk mencapai satu perahu migran yang menghadapi masalah di perairan Libya setelah mereka menerima pemberitahuan dari satu telepon satelit.

Petugas pertolongan menyelamatkan 26 migran tapi mengatakan mungkin ada sebanyak 70 orang hilang di laut, sebab perahu semacam itu biasanya membawa tak kurang dari 100 migra ke Italia, kata stasiun televisi Italia, Rai.

Sebanyak 454 migran telah diselamatkan dari laut dalam empat operasi yang dikoordinasikan oleh Penjaga Pantai Italia dalam dua hari belakangan, sehingga orang yang diselamatkan dalam satu pekan terakhir berjumlah tak kurang dari 2.000 orang. Mayat dua migran ditemukan dalam salah satu operasi tersebut.

Italia menghadapi peningkatan arus migran dari negara Afrika dan Timur Tengah yang menyeberangi Laut Tengah. Hingga Kamis (28/4), sebanyak 27.267 migran telah tiba melalui laut di Italia tahun ini, kata Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR). Kebanyakan dari mereka berasal dari Nigeria, Gambia, dan Senegal. UNHCR mengungkap telah ada sebanyak 182.830 migran yang tiba melalui laut di Eropa sejak Januari 2016, dan 1.262 migran dilaporkan tewas atau hilang

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement