Ahad 29 May 2016 06:40 WIB

Malaysia Terima Pengungsi Suriah

Rep: c25/ Red: Bilal Ramadhan
Pengungsi Suriah dari Aleppo tiba di wilayah Mabrouka
Foto: REUTERS/Rodi Said
Pengungsi Suriah dari Aleppo tiba di wilayah Mabrouka

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Malaysia menerima sekitar 68 pengungsi Muslim dari Suriah, Sabtu (28/5). Itu termasuk 31 anak-anak, dari 3.000 pengungsi yang direncanakan. Wakil Perdana Menteri, Zahid Hamidi, mengatakan para pengungsi Suriah tersebut, melakukan penerbangan menuju Malaysia melalui Lebanon.

Ia menekankan, para pengungsi itu akan diizinkan untuk bekerja dan anak-anak akan mendapatkan sekolah umum. "Malaysia akan menerima 3.000 pengungsi Suriah, sekitar 200 lebih akan datang dalam beberapa bulan ke depan," kata Hamidi, seperti dilansir Arab News, Ahad (29/5).

Ia menjelaskan, para pengungsi yang telah tiba akan diberikan akomodasi dan bantuan keuangan sementara selama tinggal. Selain pemerintah Malaysia, dukungan kemanusiaan tersebut akan diberikan LSM-LSM lokal yang ada di Malaysia.

Sebelumnya, Perdana Menteri Najib Razak sendiri menuturkan Malaysia akan menerima sekitar 3.000 pengunggsi. Hal itu akan berjalan selama tiga tahun ke depan, demi membantu meringankan krisis pengungsi yang tengah terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement