Senin 30 May 2016 17:35 WIB

Remaja Korban Pemerkosaan 30 Pria di Brasil Tuntut Keadilan

Rep: Puti Almas/ Red: Bilal Ramadhan
Kasus pemerkosaan (ilustrasi)
Foto: wonderslist.com
Kasus pemerkosaan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Seorang gadis remaja di Rio de Janeiro yang menjadi korban pemerkosaan brutal oleh sekelompok pria menuntut keadilan. Ia mengatakan jangan lagi ada perempuan yang merasakan apa yang dialaminya.

"Saya merasa seperti sepotong sampah. Saya berharap tidak ada orang lain yang merasa seperti ini," ujar gadis berusia 16 itu dalam sebuah wawancara, dilansir Reuters, Senin (30/5).

Hal ini diungkapkan oleh korban usai pengacara yang ditunjuk pihak berwajib untuknya menanyakan pertanyaan intimidatif. Di antaranya adalah apakah gadis tersebut pernah ikut terlibat dalam kelompok pertemanan yang kerap mengadakan pesta seks.

Pengacara bernama Eloisa Samy itu dinilai membuat korban merasa sangat tidak nyaman. Ia kemudian digantikan oleh Alessandro Thiers untuk menangani kasus pemerkosaan massal ini.

Kasus pemerkosaan brutal ini terungkap setelah adanya video yang memperlihatkan 30 pria menyerang seorang gadis. Video berdurasi 40 detik itu diunggah ke jejaring sosial Twitter.

Kemarahan publik meluas dengan beradarnya video itu. Aksi unjuk rasa dari banyak perempuan yang meminta pertanggungjawaban pelaku dan hukuman seberat-beratnya terjadi di sejumlah tempat di Ibu Kota Brasil, diantaranya di depan Mahkamah Agung negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement