Senin 27 Jun 2016 02:11 WIB

Ada Lomba Gali Kubur di Hongaria

Rep: Dwina Agustin/ Red: M Akbar
lomba gali kubur
Foto: abcnews
lomba gali kubur

REPUBLIKA.CO.ID, DEBRECEN -- Penggali kubur sering kali menjadi pekerjaan yang tidak terlihat baik. Tapi berbeda dengan di Hungaria. Di negara ini ternyata profesi sebagai penggali kubur bisa diperlombakan dengan sangat menarik.

Puluhan pekerja penggali kubur melakukan kompetisi untuk menunjukan kemampuan tebaik bagi profesi mereka. Mereka melakukan kontes nasional menggali kubur di Debrecen, Hongaria.

Ada 18 tim yang terdiri dari dua orang yang bertanding menjadi penggali kubur terbaik. Tim tersebut mesti menunjuka kemampuan menggunakan sekop untuk menggali tanah hingga 1,8 meter.

The Associated Press melaporkan, perlombaan ini dinilai beradasarkan kecepatan dan gaya para penggali dalam mengatur tanah serapi mungkin menunjukan kemampuan. Siapa yang menang nantinya akan mewakili daerah untuk maju pada pertandingan lebih besar lagi di Slovakia pada akhir tahun ini.

Tim organisasi penyelenggara pertandingan Iren kari mengatakan, acara ini akan mempromosikan penghormatan dan pengakuan untuk profesi penggali kubur dan menarik lebih banyak orang untuk menggelutinya. Dia berharap kontes akan meningkatkan kesadaran untuk penggali kubur mendapatkan layanan dukungan kesehatan mental yang lebih baik.

"Orang-orang ini melihat kematian setiap hari. Kadang-kadang orang bercanda tentang mereka saat mereka bekerja, tapi penggali kubur adalah manusia juga," kata Kari dikutip dari ABCnews, Senin (27/6).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement