Selasa 28 Jun 2016 06:17 WIB

Prancis-Jerman Satu Suara Terhadap Brexit

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Pengemudi taksi mengibarkan bendera Inggris usai keluar keputusan jajak pendapat yang menyebut Inggris memilih keluar dari Uni Eropa.
Foto: Reuters
Pengemudi taksi mengibarkan bendera Inggris usai keluar keputusan jajak pendapat yang menyebut Inggris memilih keluar dari Uni Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Jerman dan Prancis menyetujui satu hal bahwa Eropa harus merubah referendum Brexit-gabungan dari Britain dan exit. Dua kekuatan blok itu sepakat tentang jenis perubahan yang dibutuhkan dan seberapa cepat itu harus datang.

Ini menunjukkan bahwa Franco-Jerman yang telah didukung Uni Eropa selama beberapa dekade mungkin berjuang untuk memberikan perubahan banyak pejabat Eropa merasa perlu untuk memenangkan kembali dukungan dari warga, melawan sebuah sayap kanan populis lonjakan dan mencegah disintegrasi bertahap dari blok.

Selama akhir pekan, Eropa mulai mencerna prospek Uni Eropa tanpa Inggris, hiruk-pikuk sinyal yang saling bertentangan sedang dikirim oleh politisi. Kesenjangan yang paling jelas dan langsung adalah lebih dari bagaimana segera memperlakukan Inggris setelah referendum.

Pada pertemuan konservatif Kanselir Angela Merkel dari Berlin Selatan, ia dan para pembantunya membuat jelas bahwa mereka siap memberikan Inggris waktu yang dibutuhkan untuk memilah-milah kekacauan politik sebelum memulai pembicaraan tentang  Brexit. Beberapa pejabat di Berlin bahkan mungkin berharap referendum bisa terbalik. Apapun, prioritas mereka adalah mencegah perpecahan sengit dengan London.

"Tentu saja Uni Eropa memiliki sarana untuk menekan Inggris tanpa kita tidak harus fokus pada hal itu," kata seorang pejabat senior Jerman. "Mereka perlu waktu untuk menyadari apa yang telah mereka lakukan. Tidak perlu ancaman atau tekanan pada saat ini," lanjut dia.

Politikus Prancis dari seluruh spektrum politik mengirimkan pesan yang berbeda. Mereka telah memperjelas bahwa dalam beberapa hari terakhir perceraian cepat diperlukan. Beberapa menggambarkan Brexit sebagai kesempatan bagi Prancis untuk menegaskan kembali kepemimpinannya di Uni Eropa.

"Tidak akan ada permainan kucing dan tikus," kata Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement