Sabtu 02 Jul 2016 12:48 WIB

Rasa Takut Sebabkan Laba-Laba Terlihat Lebih Besar

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Agung Sasongko
Laba-laba
Foto: Wikipedia
Laba-laba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda takut dengan hewan tertentu seperti laba-laba? Sebuah studi mengungkap, rasa takut bisa membuat laba-laba tampak lebih besar.

Peneliti dari BGU dan Pusat Neurosains Zlotowski menyebutkan, emosi dapat mengganggu persepsi kita tentang ukuran. Artinya, individu yang memiliki ketakutan tertentu cenderung menilai objek menjadi lebih besar dibandingkan ukuran sebenarnya.

Penelitian tersebut melibatkan 27 peserta perempuan yang diminta memperkirakan ukuran nyata hewan tertentu dengan menempatkannya pada skala antara lalat dan domba. Titik awal kursor yang diakses akan berubah secara acak pada setiap tugas.

Dalam percobaan pertama, peserta harus menilai seberapa besar dan tidak menyenangkannya sejumlah hewan dari tampilan foto yang dihadirkan. Sejumlah binatang yang 'dimusuhi' seperti laba-laba bercampur dengan hewan yang lebih netral seperti burung dan kupu-kupu.

Hasilnya, tim ilmuwan menemukan hal unik terkait ketakutan terhadap laba-laba. Meski pandangan mengenai seberapa menakutkan laba-laba cukup beragam, hanya peserta yang sangat takut yang menganggap ukurannya berlebihan.

"Studi ini mengungkapkan bagaimana persepsi bahkan fitur dasar seperti ukuran dipengaruhi oleh emosi, dan menunjukkan bagaimana masing-masing dari kita mengalami dunia dengan cara yang unik dan berbeda," ujar pemimpin studi, Tali Leibovich.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement