Rabu 13 Jul 2016 04:29 WIB

Hong Kong Tersambar Lebih dari 10 Ribu Kilatan Petir

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Agung Sasongko
Petir
Foto: Reuters/Jorge Cabrera
Petir

REPUBLIKA.CO.ID,  HONG KONG -- Hong Kong Observatory telah mengeluarkan peringatan sejak Sabtu (9/7) dan Ahad (10/7) setelah melihat hujan disertai petir yang cukup dahsyat. Dengan curah hujan lebih dari 30 milimeter per hari.

Dari video yang mengabadikan  petir yang menyambar wilayah Kota Hong Kong sudah melampaui catatan sambaran petir terbanyak pada Juli 2005 silam sebanyak 9.966 sambaran. Kini, selama akhir pekan itu Hong Kong disambar lebih dari 10.000 kilatan petir dalam badai di  musim panas.

Meskipun hanya berlangsung selama dua hari pada akhir pekan lalu, tampaknya peristiwa tersebut akan diakui sebagai catatan sejarah yang berarti bagi Hong Kong.

“Ini melampaui catatan sambaran petir pada Juli 2005 lalu yang tersambar 9.966 kilatan selama 24 jam. Suhu tinggi pada Sabtu (9/7) menyebabkan kenaikan udara hangat dari tanah dan akhirnya membuat udara di atmosfer tidak stabil,” kata Tam Yee-ting, petugas ilmiah Hong Kong Observatory seperti dilansir dari daily mail, Selasa (12/7). 

Petir dahsyat tersebut membuat warga setempat cemas. Fotografer Jamie Pierre menuliskan melalui akun Twitternya, “Badai di Hongkong ini gila. Kilatan petir terjadi hampir 10 menit,” ujarnya.

Warga Hong Kong, James Griffiths menambahkan juga melalui akun Twitternya, “Serius, badai di Hong Kong ini mengesankan, kilatan petirnya konstan.”

Berikut videonya: 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement