Selasa 26 Jul 2016 07:42 WIB

Ketua Komite Partai Demokrat akan Mundur

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Hillary Clinton (kanan)
Foto: VOA
Hillary Clinton (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA -- Ketua Komite Nasional Demokrat, Debbie Wasserman Schultz akan mundur pascabocornya surat elektronik Partai Demokrat oleh Wikileaks, Senin (25/7). Surel tersebut menimbulkan kecurigaan bahwa Partai Demokrat tidak adil pada kandidat lawan Hillary Clinton, Bernie Sanders.

Schultz mengatakan, ia akan mundur setelah konvensi Demokrat yang dimulai Senin. Pada Ahad, Schultz dicabut dari daftar pembicaran konvensi. Ini merupakan sesuatu yang aneh dan jarang terjadi untuk ketua partai.

Baca juga, Obama Serukan Demokrat Bersatu Dukung Hillary Clinton.

Tekanan pada Schultz meningkat setelah Sanders mendesaknya mundur. Sanders mengatakan dengan mengundurkan diri, Schultz membuat keputusan yang tepat bagi pemimpin partai Demokrat selanjutnya.

"Kepimpinan partai harus tetap netral, sesuatu yang tidak terjadi pada 2016," kata dia. Masalah ini telah membuat partai terbagi dua.

Ribuan pendukung Sanders melakukan aksi unjuk rasa di Philadephia dan menyatakan kemarahan mereka. Mereka mengatakan partai dengan jelas melakukan sabotase pada kampanye Sanders."

sumber : Aljazirah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement