Jumat 19 Aug 2016 08:41 WIB

Lima Jasad Migran Ditemukan di Mediterania

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Puluhan ribu imigran mencoba menyeberangi Laut Mediterania menuju Eropa.
Foto: AP
Puluhan ribu imigran mencoba menyeberangi Laut Mediterania menuju Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Jasad lima migran ditemukan dan 534 orang lainnya diselamatkan pada Kamis (18/8). Mereka ditemukan menyusul operasi penyelamatan di Laut Mediterania.

Penjaga pantai Italia mengatakan, para migran dijemput dari dua perahu karet besar dan sembilan kapal kecil lainnya. Namun, tidak ada rncian bagaiaman korban tewas.

Kapal dari angkatan laut Italia dan Jerman bergabung dengan empat kapal yang dijalankan oleh kelompok-kelompok kemanusiaan di berbagai misi penyelamatan.

Data terbaru dari Organisasi Internasional untuk Migran yang dirilis 9 Agustus mengatakan, sekitar 100.244 migran telah mencapai Italia dengan perahu tahun ini, banyak dari mereka berlayar dari Libya. Diperkirakan, sebanyak 2.742 pria, wanita dan anak-anak telah meninggal selama periode yang sama saat mencoba melakukan perjalanan.

Italia menjadi garis depan dalam krisis migran Eropa selama tiga tahun. Lebih dari 400 ribu telah berhasil membuat pelayaran ke Italia dari Afrika Utara sejak awal 2014, melarikan diri dari kekerasan dan kemiskinan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement