Kamis 25 Aug 2016 07:34 WIB

Korban Tewas Gempa Italia Menjadi 159 Jiwa

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Seorang pria dibawa setelah diselamatkan dari reruntuhan gempa bumi di Amatrice, Italia tengah, Rabu, 24 Agustus 2016.
Foto: REUTERS/Remo Casilli
Seorang pria dibawa setelah diselamatkan dari reruntuhan gempa bumi di Amatrice, Italia tengah, Rabu, 24 Agustus 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, NORCIA -- Badan perlindungan sipil Italia melaporkan jumlah korban tewas gempa  terus bertambah. Dari laporan sebelumnya sebanyak 120 jiwa kini korban tewas tercatat berjumlah 159 jiwa.

Dilansir Aljazirah, Kamis (25/8), Perdana Menteri Italia Matteo Renzi memperingatkan pada Rabu (24/8), jumlah korban diperkirakan masih akan meningkat. Sebab upaya pencarian dan penyelamatan terus dilakukan di desa-desa yang hancur akibat gempa. Sebanyak 368 orang juga dinyatakan terluka akibat gempa.  "Ini bukan jumlah akhir," katanya.

US Geological Survey melaporkan gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter melanda dekat kota Norcia, di wilayah Umbria, pada 03.36 waktu setempat. Gempa menyebabkan bangunan runtuh dan membuat warga yang panik melarikan diri ke jalan-jalan di berbagai kota.

Baca juga, Gempa Italia Hancurkan Tiga Perempat Kota.

Juru bicara Renzi, mengatakan di Twitter pemerintah bahwa pemerintah terus berkoordinasi  dengan badan perlindungan sipil negara. Mereka terus memantau situasi dengan cermat. Gempa besar terakhir melanda pusat kota L'Aquila, Italia, pada 2009. Bencana tersebut menewaskan lebih dari 300 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement