Jumat 26 Aug 2016 13:02 WIB

Amtrice, Kota Bersejarah Italia yang Hancur Seketika

Rep: MgRol81/ Red: Teguh Firmansyah
Seorang pria dibawa setelah diselamatkan dari reruntuhan gempa bumi di Amatrice, Italia tengah, Rabu, 24 Agustus 2016.
Foto: REUTERS/Remo Casilli
Seorang pria dibawa setelah diselamatkan dari reruntuhan gempa bumi di Amatrice, Italia tengah, Rabu, 24 Agustus 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, AMATRICE -- Baru setahun berlalu sejak Amatrice dinyatakan sebagai salah satu kota bersejarah paling indah di Italia. Dengan luas area 174 kilometer persegi, Kota Amatrice ditinggali oleh 2.650 penduduk.

Di musim panas, ribuan pelancong datang dari berbagai belahan dunia memadati Amatrice hingga jumlah penduduknya meningkat 10 kali lipat.

Bangunan-bangunan bersejarah yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu merupakan daya tarik dari kota kecil ini. Selain itu, Amatrice juga dikenal sebagai tempat kelahiran hidangan spageti all'amatriciana.

Kelahiran hidangan tersebut biasa dirayakan dalam festival hidangan tahunan yang dijadwalkan berlangsung akhir pekan ini, bersamaan dengan puncak musim liburan di Italia.

Baca juga, Gempa Italia Hancurkan Tiga Perempat Kota.

Namun, festival tersebut terpaksa tak digelar tahun ini. Pasalnya, Kota Amatrice kini sudah rata dengan tanah setelah gempa sekuat 6.2 skala richter menghancurkan hampir seluruh kota Amatrice. Bencana ini telah menewaskan hampir 250 penduduk lokal dan pelancong.

Menurut kantor berita USA Today, usia bangunan dan kedekatan kota dengan garis patahan membuat Amatrice sangat rentan terhadap gempa bumi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement