Sabtu 24 Sep 2016 14:34 WIB

Surat Alex untuk Omran Dagnesh, Sentuh Hati Obama

Rep: Puti Almas/ Red: Ilham
Omran Dagnesh, bocah yang selamat dari serangan udara di Suriah.
Foto: Twitter
Omran Dagnesh, bocah yang selamat dari serangan udara di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosok Omran Dagnesh, seorang anak laki-laki berusia lima tahun yang menjadi korban serangan udara di Aleppo, Suriah pada bulan lalu terlihat begitu menyedihkan. Ia yang terluka, kebingungan, dan pucat saat petugas medis berusaha menyelamatkannya memberi gambaran betapa mengerikannya konflik lima tahun di negara itu.

Panggilan kemanusiaan banyak orang berdatangan setelah melihat gambar-gambar Omar yang menyayat hati. Tak terkecuali bagi Alex, seorang anak laki-laki yang masih berusia enam tahun dari Scarsdale, New York, Amerika Serikat (AS).

Dalam sebuah surat yang ditujukan untuk Presiden AS Barack Obama, Alex meminta agar Omar dapat pergi dari Suriah. Ia menuturkan bahwa ingin dapat menjadikannya sebagai saudara.

"Ingatkah dengan anak yang dibawa pergi dengan ambulans di Suriah. Bisakah Anda membawa ke rumah kami? Kami akan menjadikannya saudara," ujar Alex dalam suratnya, dilansir The Washington Post.

Alex dalam suratnya juga mengatakan akan menyambut gembira kedatangan Omran. Ia mendeskripsikan bagaimana rumahnya dihias dengan bendera, bunga-bunga, dan banyak balon untuk membuat 'saudara' barunya merasa senang.

"Kami akan menunggu kamu dengan bendera, bunga-bunga, dan balon. Kami akan sangat senang menantikannya," kata Alex menambahkan.

Ia juga menuturkan, Omran akan dikenalkan dengan teman dari Suriahnya di AS bernama Omar. Alex mengatakan, mereka dapat menjadi sahabat dan bermain, serta belajar bersama.

"Saya akan mengenalkan Omran kepada Omar. Kami akan bermain bersama dan Omran akan diajarkan bahasa Inggris oleh Omar," jelas Alex.

Kemudian menjanjikan Omran akan dapat bermain dengan boneka-boneka yang dimiliki oleh Catherine, adik perempuannya. Alex juga mengatakan dapat meminjamkan sepeda miliknya dan mengajarkan bagaimana mengendarainya.

Surat yang ditulis oleh Alex ini begitu menyentuh hati Obama. Ia membacakan setiap kalimat yang diungkapkan oleh anak laki-laki itu dalam pertemuan KTT PBB yang membahas permasalahan migran, awal pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement