Ahad 25 Sep 2016 18:36 WIB

Korut-Cina Pamer Pesawat Tempur Saingi Korsel-Amerika

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Winda Destiana Putri
Pesawat tempur/Ilustrasi
Foto: Antara
Pesawat tempur/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WOSAN -- Korea Utara (Korut) menerbangkan pesawat-pesawat  jet tempur F-16 di langit Korut. Penerbangan pesawat jet tempur tersebut juga disertai peluncuran kembang api untuk menyemarakkan suasana.

Acara pamer pesawat tempur yang ditonton banyak warga Korut tersebut dilaksanakan pada Ahad, (25/9). Acara tersebut dilakukan Korut dalam rangka menyindir Amerika yang kemarin memamerkan pesawat-pesawat pengebomnya yang terbang hilir mudik di langit Korsel sampai zona bebas militer perbatasan Korsel-Korut.

Pesawat yang diluncurkan dalam pameran Wonsan International Friendship Air Festival tersebut antara lain pesawat jet tempur F-16 dan pesawat jet tempur Cina J-10. Pameran pesawat jet tempur itu seolah menunjukkan kepada Amerika dan Korsel mereka juga memiliki pesawat-pesawat tempur yang hebat.

Seperti dilansir Bloomberg, Korut sebenarnya sangat marah ketika pesawat-pesawat pengebom Amerika B-1B Lancer diiringi pesawat-pesawat tempur Korsel terbang hilir mudik di langit Korsel paska Korut melakukan uji coba nuklirnya beberapa waktu lalu. Karena itu, pameran ini seolah merupakan pameran balasan kepada Amerika dan Korsel kalau mereka juga memiliki jet-jet tempur yang hebat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement