Kamis 29 Sep 2016 08:46 WIB

Warga AS Sebut Clinton Menang dalam Debat Capres Pertama

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Calon presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton dalam debat presiden, Senin, 26 September 2016.
Foto: AP Photo/Julio Cortez
Calon presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton dalam debat presiden, Senin, 26 September 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mayoritas warga Amerika Serikat (AS) mengatakan calon presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton memenangkan debat capres pertama yang berlangsung pada Senin (26/9) lalu. Jajak pendapat daring dilakukan oleh Reuters/Ipsos yang mengumpulkan tanggapan dari lebih dari 2.000 responden.

Hasil jajak pendapat menunjukkan, 56 persen orang dewasa AS merasa Clinton menunjukkan penampilan yang lebih baik dibandingkan Trump dalam debat tersebut. Sedangkan hanya 26 persen warga AS yang merasa Trump lebih baik dari Clinton.

Debat capres AS dipandang sebagai ujian penting untuk mengetahui seberapa besar ketenangan dan kebijakan capres. Acara itu juga menyediakan ruang bagi capres untuk memenangkan hati para pemilih sebelum mereka memutuskan.

Sebanyak 34 persen warga AS mengatakan, perdebatan mampu mengubah pandangan mereka terhadap Clinton ke arah yang positif. Sementara, hanya 19 persen yang menganggap Trump demikian.

Selain itu, sebanyak 31 persen pemilih mengatakan debat capres meningkatkan peluang Clinton melaju ke Gedung Putih. Namun hanya 16 persen yang mengatakan hal serupa terhadap Trump.

Reuters/Ipsos melakukan jajak pendapat setiap hari dalam bahasa Inggris di 50 negara bagian. Jajak pendapat ini memiliki interval kredibilitas, ukuran akurasi sampai tiga persen untuk seluruh sampel.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement