Senin 10 Oct 2016 10:35 WIB

Trump: Saya tidak Tahu Apa Pun tentang Putin

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Kandidat Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump
Foto: Joe Raedle/Pool via AP
Kandidat Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, ST LOUIS -- Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump mengatakan tidak mengetahui banyak hal tentang Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun, ia menekankan kerja sama yang dibangun dengan negara itu sangat baik untuk dilakukan.

"Saya tidak tahu tentang Putin. Tapi, saya pikir negara ini akan sangat besar jika bekerja sama dengan Rusia untuk melawan ISIS," ujar Trump, dalam debat capres kedua di St Louis, Missouri, Ahad (9/10) dikutip dari The New York Times.

Ia juga menanggapi saingannya, calon presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton yang menudingnya memiliki investasi skala besar di Rusia. Miliarder itu mengatakan tidak pernah punya urusan bisnis di negara tersebut, termasuk meminta pinjaman khusus, seperti yang disebutkan.

"Anda bisa memeriksa hal itu kepada pejabat Pemerintah AS dan menemukan tidak ada ikatan terkait pinjaman yang saya miliki terhadap Rusia," jelas Trump.

Topik mengenai Rusia muncul karena sebelumnya Trump pernah memberi pujian terhadap Putin. Sikap yang ia tunjukkan jauh berbeda dengan pasangannya dalam pemilihan, Mike Pence. Pekan lalu dalam debat wapres, Pence menunjukkan kritik keras terhadap negara itu serta pemimpinnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement