Ahad 30 Oct 2016 09:35 WIB

Perbatasan Kashmir Diserang untuk Pertama Kalinya dalam 13 Tahun

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Perbatasan Kashmir yang memisahkan India dan Pakistan.
Foto: Zee Media Bureau
Perbatasan Kashmir yang memisahkan India dan Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KASHMIR -- Neelum Valley, Kashmir, diserang untuk pertama kalinya dalam 13 tahun, Sabtu (29/10). Neelam Valley adalah daerah perbatasan Kashmir yang merupakan bagian dari Pakistan.

Ketegangan di perbatasan dengan India ini terus meningkat secara perlahan. Serangan dari kedua pihak telah meningkat sejak September lalu, saat 19 tentara India tewas oleh kelompok bersenjata.

India menuduh kelompok itu berasal dari Pakistan. Pemicu sebelumnya terjadi pada 8 Juli saat pemimpin pemberontak Kashmir, Burhan Wani, tewas. Ia adalah pemimpin populer Kashmir berusia 22 tahun.

Dikutip dari Aljazirah, Neelum Valley membentang sepanjang 200 kilometer di daerah Himalaya. Di sana tinggal generasi yang lahir di dalam bunker selama konflik 1990-an. Sejak gencatan senjata 2003, mereka mulai tidak toleran pada aktivitas pemberontakan.

Serangan pada Sabtu melukai tiga orang. Di sisi Pakistan, sedikitnya dua orang tewas di sektor Bhimber. Wakil komisioner kepolisian distrik Kotli, Adnan Khursheed, mengatakan sedikitnya enam orang tewas dan tujuh terluka di sektor Nakyal sejak Rabu.

Wakil komisioner kepolisian Neelum, Abdul Waheed mengatakan otoritas telah meminta turis untuk meninggalkan wilayah. Mereka dikirim kembali ke Muzzafarbad. Sekolah dan kantor pemerintahan pun telah ditutup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement