Jumat 09 Dec 2016 15:25 WIB

PBB Desak Suu Kyi Kunjungi Rakhine

Aung San Suu Kyi
Foto: AP
Aung San Suu Kyi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak pemimpin Myanmar Aung Suu Kyi untuk mengunjungi wilayah Barat Laut yang sedang berkonflik untuk menenangkan warga sipil. Suu Kyi dinilai perlu memberikan kepastian kepada muslim Rohingya bahwa mereka dilindungi.

Pada Jumat pekan lalu Suu Kyi dituduh oleh kalangan internasional telah menyalakan api permusuhan di antara kaum Budha dan Muslim di wilayah Barat Laut Myanmar.

"Penolakan oleh pihak berwenang Myanmar untuk bersikap tegas pada pihak garis keras dan adopsi pertahanan dibandingkan pendekatan proaktif untuk memberikan keamanan bagi populasi lokal, telah menyebabkan rasa frustasi di kalangan lokal dan kekecewaan internasional," tutur Penasehat Khusus Sekjen PBB, Vijay Nambiar, dalam sebuah pernyataan, Kamis (8/12) waktu setempat.

"Hanya dengan respon secara konkrit pada masalah ini lah pemerintah mampu menyelesaikan krisis dan mempertahankan pemahaman internasional," kata Nambiar sambil mendesak agar Suu Kyi mengunjungi Maungdaw dan Buthidaung di negara bagian Rakhine.

Tindakan keras yang dilakukan militer Myanmar di negara bagian Rakhine sudah menewaskan sedikitnya 86 orang dan membuat 10.000 orang lainnya melarikan diri melintasi perbatasan Bangladesh. Krisis yang tengah berlangsung itu memberikan tantangan bagi pemenang Nobel Perdamaian, Aung Suu Kyi, yang berkuasa pada tahun lalu untuk berjanji melaksanakan rekonsiliasi.

Mantan Sekjen PBB Kofi Annan pada Selasa lalu juga meminta pasukan keamanan Myanmar untuk bertindak sesuai dengan aturan hukum.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement