Kamis 05 Jan 2017 09:53 WIB

Pria Berusia 105 Tahun Ini Cetak Rekor di Dunia Balap Sepeda

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Bayu Hermawan
Balap sepeda (ilustrasi)
Foto: foto : Mahmud Muhyidin
Balap sepeda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Robert Marchand, seorang pria berusia 105 tahun berhasil mencetak rekor baru dari dunia balap sepeda. Marchand menjadi pria tertua yang menepuh jarak terjauh dalam waktu satu jam bersepeda.

Dilansir dari BBC, pengendara sepeda asal Prancis itu berhasil menempuh jarak sejauh 22.547 kilometer (km) atau sekitar 14 mil di Velodrome National, Paris, Prancis. Hasil tersebut membuatnya menempati posisi teratas sebagai pengendara sepeda berusia 105 tahun.

Sebelumnya, Marchand pernah memegang rekor pada 2012 lalu. Ia menjadi satu-satunya pengendara sepeda yang berhasil menempuh jarak sejauh 26.927 km dalam usia 100 tahun.

Ia mengaku, seharusnya bisa 'melakukannya' lebih baik dari hasil yang didapat. Ia beralasan, sempat kehilangan 10 menit selama berkendara.

"Saya tidak dalam kondisi yang baik seperti saya beberapa tahun yang lalu," kata Marchand kepada AFP, Rabu (4/1).

Marchand mengaku datang bukan untuk menjadi juara. Namun, Marchand ingin membuktikan, usia 105 tahun bukan halangan untuk bersepeda. Selama Marchand bersepeda di lintasan balap, ratusan penonton bersorak-sorak.

Marchand membocorkan rahasianya tetap sehat dan bugar, yakni rajin mengonsumsi buah dan sayuran, sedikit daging, tidak terlalu banyak kopi. Selain itu, selama ini Marchand selalu bersepeda minimal satu jam per hari.

Marchand pernah menjadi salah satu tawanan Perang Dunia II. Kemudian, ia menjadi sopir truk dan petani tebu di Venezuela, serta penebang pohon di Kanada. Marchand tidak asing dengan olahraga, seperti sepeda, senam, dan tinju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement