Kamis 19 Jan 2017 17:38 WIB

Longsor Salju di Italia, Puluhan Orang Diperkirakan Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Hotel Rigopiano di Farindola, Italia yang diterjang longsor salju, Kamis pagi, 19 Januari 2017 dilihat dari atas.
Foto: Italian Firefighters via AP
Hotel Rigopiano di Farindola, Italia yang diterjang longsor salju, Kamis pagi, 19 Januari 2017 dilihat dari atas.

REPUBLIKA.CO.ID, L'AQUILA -- Longsor salju terjadi di Abruzzo, Italia setelah gempa bumi melanda sebagian wilayah di selatan negara itu, Rabu (18/1). Salah satu bangunan yang terkena adalah sebuah hotel dekat dengan gunung Gran Sasso.

Menurut tim penyelamat yang datang ke lokasi diperkirakan puluhan orang tewas. Tercatat, di hotel bernama Rigopiano itu sebanyak 30 orang berada saat kejadian berlangsung.

"Ada banyak kematian. Saat longsor salju terjadi hingga 30 orang berada di dalam hotel," ujar kepala tim penyelamat Antonio Crocetta, dilansir BBC, Kamis (19/1).

Setelah longsor salju terjadi, sebagian besar atap bangunan hotel runtuh. Hingga saat ini tim penyelamat belum berhasil memasuki bangunan karena jalur yang tertutup salju dan dipersulit dengan badai yang terus menerjang.

Longsor terjadi diyakini akibat gempa yang terjadi di Abruzzo dan beberapa wilayah lain di sekitarnya. Diantaranya adalah Marche dan Lazio yang dalam beberapa pekan terakhir mengalami kondisi cuaca bersalju yang ekstrim.

Banyak desa-desa di wilayah tersebut yang tidak bisa dijangkau akibat tertutup salju. Hingga kini tim penyelamat dan posko darurat terus disiagakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement