Senin 23 Jan 2017 21:25 WIB

Ini Perjalanan Wisata Obama Usai Demisioner

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Bilal Ramadhan
Barack Obama
Foto: AP
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA - Usai bertugas selama delapan tahun memimpin Amerika Serikat (AS), mantan Presiden Barack Obama menikmati masa liburannya di California. Beberapa destinasi favoritnya di Kalifornia ia kunjungi bersama sang istri Michele Obama.

Sebelum menuju ke California, Obama mencuitkan di Twitter, bahwa ia dan istrinya pergi berlibur untuk sementara waktu, ia juga meyakinkan followersnya bahwa ia akan segera kembali bekerja.

"Hai semuanya! Kembali ke kehidupan asal, apakah ini masih? Saya dan Michelle off sementara waktu untuk berlibur singkat, lalu kami akan kembali bekerja," ujarnya di Twitter pada Jumat (20/1) waktu setempat.

Keduanya meninggalkan Washington usai menyambut presiden terpilih Donald Trump dan Melanie Trump yang resmi menginjakkan kakinya di Gedung Putih. Namun perjalanan mereka sempat terhambat oleh angin kencang di lokasi tujuan mereka, di Palm Springs.

Sehingga memaksa jet pribadinya mendarat darurat di March Air River Base, sekitar 50 mill di sebelah barat lokasi tujuannya. Akhirnya, Obama dan Michele tiba sekitar pukul 20.00 waktu setempat di Thunderbird Heights di Rancho Mirage dengan mobil beserta pengawalnya.

Los Angeles Times melaporkan, keduanya menginap di rumah mewah milik sahabatnya, yang juga mantan Dubes Amerika untuk Spanyol James Costos dan partner hidupnya Michael Sean Smith. Smith merupakan seorang interior desainer yang berjasa mendekorasi ruang privasi Obama di Gedung Putih.

Rancho Mirage merupakan lokasi favorit Obama yang digunakan sebagai tujuan wisata. Surat kabar the Desert Sun melaporkan, Obama sudah enam kali berkunjung ke sana selama menjadi presiden AS.

Namun laporan dari the Press-Enterprise menyebutkan Obama mengunjungi rumah mewah Costos di Rancho Mirage sebanyak empat kali selama dua periode masa jabatannya.

Tentu kunjungannya, selain bertujuan bisnis juga untuk menghabiskan waktu luangnya bermain golf di padang golf privat Porcupine Creek Golf Club dan di Sunnylands.

Obama terlihat sangat menikmati waktu luangnya di padang golf. Dia bersama rombongannya termasuk beberapa agen rahasia menyewa padang golf pribadi dengan 18 lubang itu.

Obama terlihat santai dengan memakai kaos golf Under Armor berwarna biru muda dan celana panjang berwarna abu-abu gelap. Dia juga mengenakan topi baseball berwarna abu-abu dan sepatu Nike. Sesekali dia beristirahat dengan menikmati sandwich di Coachella Valley.

Di sana, Obama lebih memilih mengendarai mobil golfnya sendiri ketimbang memakai jasa sopir. Pusat golf privat itu milik seorang miliarder Larry Ellison yang merupakan padang golf privat kelas dunia.

Padang golf itu hanya bisa dinikmati oleh membernya saja, melalui pemesanan terlebih dahulu. Tingkat privasi yang tinggi itu juga terlihat dari adanya pepohonan lebat di seputar perimeter yang menghalangi pandangan ke dalam lapangan golf.

Di sana, pelanggan juga bisa menikmati fasilitas lain yang telah tersedia. Ada delapan guest house, kolam renang, pusat spa, gym dan ampiteater. Kunjungan mereka ke Rancho Mirage seperti menguatkan rumor yang beredar selama bertahun-tahun lalu. Bahwa mereka akan memulai kehidupan baru dengan berencana untuk membeli rumah di Thunderbird Heights.

Pada tahun 2014, diyakini mantan keluarga pertama pemilik sebuah rumah mewah itu membangun di real estate yang terjaga keamanannya. Di mana Frank Sinatra, Bob Hope dan Bing Crosby yang membuat rumah mereka.

Namun setelah itu dijual kemudian ditutup tanpa ikatan jelas siapa pemiliknya selanjutnya. Dan dugaan tentang Obama yang membeli rumah itu terus bergulir sejak itu. Untuk saat ini, keluarga mereka mengatakan bahwa mereka akan terus tinggal di Washington sampai anaknya Sasha tamat sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement