Sabtu 18 Feb 2017 17:25 WIB

Usai Kekeringan, Badai Terkuat Hantam California

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Winda Destiana Putri
Awan badai
Foto: Daily Mail
Awan badai

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA - Sebuah badai besar terkuat sepanjang tahun ini menghantam California hingga membawa hujan deras dan banjir bandang. Badai ini disebut sebagai bombogenesis atau bom cuaca.

Akibatnya, dilaporkan dua orang tewas dalam bencana tersebut. Lebih dari 100 rumah telah dievakuasi di tengah kekhawatiran longsor di dekat Los Angeles. Ratusan penerbangan di Bandara Internasional Los Angeles juga harus ditunda atau dibatalkan.

BBC pada Sabtu (18/2) melaporkan, cuaca ekstrem tersebut juga membuat mobil-mobil tertelan masuk di lubang-lubang pembuangan. Bahkan harus dilakukan pemadaman listrik di sana. Satu orang korban tewas setelah sebuah pohon jatuh dan menarik kabel listrik ke mobilnya di daerah Sherman Oaks dari Los Angeles. Sedangkan korban kedua meninggal di dalam kendaraan ketika terendam banjir bandang di kota Victorville.

Pengendara lain di persimpangan yang sama berhasil selamat setelah naik ke atap mobilnya. Dua mobil jatuh di sebuah lubang runtuhan di lingkungan LA Studio City. Dengan tertatih-tatih menepi dan kemudian jatuh ke bawah, peristiwa tersebut terekam di monitor cctv. Petugas pemadam kebakaran kemudian menyelamatkan satu orang dari mobil pertama, dan sopir keluar dari mobil kedua sebelum jatuh. Tidak ada yang terluka.

Ryan Maue, seorang ahli meteorologi dari WeatherBell Analytics, mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa 10 triliun galon hujan akan jatuh di California pada pekan depan. Ukuran tersebut setara kekuatan air terjun Niagara selama 154 hari.

Meteorologi menggambarkan bombogenesis sebagai siklon intens daerah tekanan rendah ekstra-tropis, atau bom cuaca. "Badai terlihat menjadi badai terkuat yang melanda barat daya California musim ini," kata National Weather Service.

Bisa jadi ini yang terkuat dalam enam tahun terakhir dan bahkan mungkin sejauh Desember 2004 atau Januari 1995. Setelah lima tahun kekeringan, serangkaian badai telah mengisi waduk negara.

Sementara pegunungan Sierra Nevada di California ini juga penuh dengan salju. Limpasan dari akumulasi salju yang biasanya memasok sekitar sepertiga dari air negara.

Dilaporkan hembusan angin di jalan raya pantai Big Sur berkekuatan 87mph (140km/jam). Evakuasi telah direkomendasikan di ratusan rumah di kota Duarte, di kaki bukit Pegunungan San Gabriel timur dari Los Angeles, dan di bagian Camarillo Springs di Ventura County.

Awal pekan ini, hujan lebat dan salju mencair menyebabkan kekhawatiran banjir di bendungan tertinggi di negara, Oroville Dam, di California utara. Lebih dari 180 ribu warga dievakuasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement