Rabu 22 Feb 2017 08:22 WIB

Perempuan Korsel Bisa Hidup Lebih dari 90 Tahun, Apa Rahasianya?

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nur Aini
Bendera Korea Selatan
Foto: flagscountries.blogspot.com
Bendera Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perempuan Korea Selatan akan jadi komunitas pertama di dunia yang punya ekspektasi umur rata-rata di atas 90 tahun. Imperial College London and the World Health Organization (WHO), menganalisis masa hidup masyarakat dari 35 negara industri dan mendapatkan hasil ini.

Temuan dituangkan dalam jurnal Lancet yang dirilis Selasa (21/2). Hasil itu memprediksi masyarakat yang hidup lebih lama pada 2030 dan perbedaan antara pria-perempuan. Para peneliti mengatakan temuan ini akan berhubungan dengan pensiun dan perawatan manula.

"Korea Selatan adalah negara yang benar dalam segala hal," kata Profesor Majid Ezzati pada BBC. Negara ini memiliki lebih banyak tempat layak dan menangani masyarakatnya dengan baik seperti pendidikan dan nutrisi.

"Sejauh ini, Korsel adalah negara yang paling baik menangani hipertensi, mereka juga punya tingkat obesitas paling rendah di dunia," kata dia. Sebelumnya, Jepang menempati urutan tertinggi untuk rata-rata umur perempuan tertua.

Namun kini posisinya digeser Korsel dan Prancis. Sementara untuk komunitas pria, Jepang turun dari posisi empat besar jadi ke-11 di peringkat global.

AS berada di peringkat menyedihkan. "Mereka hampir kebalikannya dari Korsel," kata Ezzati. Studi memprediksi umur rata-rata pria AS berakhir di usia 80 tahun dan perempuan 83 tahun.

Hasil ini hampir sama dengan Meksiko dan Kroasia. Sementara antara 2015 dan 2030, ekspektasi hidup untuk masyarakat Inggris diperkirakan naik dari 79 tahun menjadi 82 tahun untuk perempuan dan pria dari 83 menjadi 85 tahun.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement