Kamis 23 Feb 2017 13:06 WIB

Diplomat Korut Tertangkap CCTV Kirim 4 Buron ke Indonesia

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ilham
Saudara tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.
Foto: Foto AP / Shizuo Kambayashi
Saudara tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.

REPUBLIKA.CO.ID, PETALING JAYA -- Polisi Malaysia mengatakan, seorang diplomat Korea Utara Hyon Kwang-song (44 tahun) tertangkap kamera CCTV sedang mengirim empat tersangka buron kasus pembunuhan Kim Jong-nam ke Indonesia pada Senin (13/2). Hyon diduga dibantu oleh seorang staf maskapai penerbangan Air Koryo bernama Kim Uk Il (37) di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2).

"Dia ada di sana, di KLIA bersama-sama dengan staf dari Air Koryo pada Feb 13," ujar sebuah sumber anonim, dikutip Channel News Asia.

Keempat buron yang langsung meninggalkan Malaysia setelah kematian Kim Jong-nam telah diidentifikasi bernama Ri Ji-hyon (33), Hong Song-hac (34), O Jong-gil (55), dan Ri Jae-nam (57). Mereka diduga mendampingi Siti Aisyah (25) asal Indonesia dan Doan Thi Huong (29) asal Vietnam yang menjadi pelaku eksekusi.

Polisi mengatakan, orang-orang itu melarikan diri melalui Jakarta, Dubai, dan Vladivostok sebelum tiba di Pyongyang pada Jumat (17/2). Polisi Malaysia telah meminta izin kepada Kedutaan Besar Korea Utara untuk menginterogasi Hyon. Namun, Hyon sulit dijadikan saksi karena memiliki kekebalan hukum diplomatik. 

Sementara, Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal meminta agar Malaysia berhenti menyebarkan spekulasi di media. Menurut dia, hasil penyidikan sebaiknya diinformasikan terlebih dahulu kepada pengacara tersangka yang telah ditunjuk pemerintah asing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement