Ahad 26 Feb 2017 11:29 WIB

Kunjungan ke Malaysia, Raja Salman Bawa 600 Personel

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Indira Rezkisari
Raja Salman bin Abudulaziz Alsaud
Foto: AP
Raja Salman bin Abudulaziz Alsaud

REPUBLIKA.CO.ID, PETALING JAYA -- Raja Arab Saudi Salman Abdulaziz Al-Saud akan membawa rombongan sebanyak 600 orang selama kunjungan resminya ke Malaysia. Kelompok ini akan mencakup kapten industri dan pengusaha yang akan menghadiri forum di sana.

Tidak hanya itu, Raja Salman juga akan ditemani setidaknya 100 pengawal Saudi dan petugas keamanan, selain sekitar 40 wartawan. Sebuah sumber menyebutkan, Raja Salman ditemani rombongan sebanyak 1.500 orang ketika ke Indonesia. Namun sebagian akan berhenti mengawal ketika kunjungan ke Malaysia.

Pada media briefing Jumat (24/2), Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah Aman menjelaskan jumlah delegasi cukup banyak. "Rombongannya akan mencakup anggota keluarga kerajaan serta menteri kabinet," katanya, dikutip dari The Star, Ahad (26/2).

Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak akan menyambut rombongan Raja Salman di Kompleks Bunga Raya, Bandara Internasional Kuala Lumpur. Mereka kemudian akan menuju Parliament House untuk upacara resmi penyambutan.

Lalu besok, Senin (27/2), Raja Salman dan rombongan akan menuju ke kediaman Perdana Menteri, Seri Perdana, di Putrajaya untuk pertemuan bilateral. Sebuah nota kesepahaman akan ditandatangani antara kedua negara.

Anifah juga mengatakan, kunjungan Raja Salman ke Malaysia tersebut adalah kunjungan pertamanya sejak dilantik pada 2015. Yang terakhir kunjungan negara oleh Raja Arab Saudi dilakukan lebih dari 10 tahun yang lalu ketika almarhum Raja Abdullah bin Abdulaziz Al-Saud. Saat itu kunjungan dilakukan pada 30 Januari-Februari 1 Desember 2006. Sementara almarhum Raja Faisal bin Abdulaziz Al-Saud juga melakukan kunjungan serupa pada 7-10 Juni 1970 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement