Ahad 26 Feb 2017 16:06 WIB

Taliban Beri Perintah Aneh ke Penduduk Afganistan, Beda dari Biasanya

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nur Aini
Militan Taliban bergerak di Afganistan.
Foto: Mirror
Militan Taliban bergerak di Afganistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Kelompok Taliban di Afganistan membuat pengumuman publik yang cukup 'aneh' pada Ahad (26/2). Atas nama pemimpin kelompok Haibatullah Akhundzada, Taliban menyeru penduduk Afganistan untuk menanam lebih banyak pohon.

Dilansir Reuters, pernyataan tak hanya menyeru penduduk tapi juga pasukan Taliban sendiri. "Agar menanam satu atau beberapa pohon buah maupun non-buah, demi memperindah Bumi dan membawa manfaat pada ciptaan Allah," katanya.

Pesan khusus tersebut sangat berbeda dari biasanya. Sebelumnya Taliban hanya menyebar pernyataan tak bertanda-tangan dalam sejumlah momen seperti insiden, serangan, operasi militer, dan perayaan tertentu.

Namun kali ini, pernyataan yang berisi pesan unik itu juga diparaf oleh Akhundzada. Ia diketahui bersembunyi setelah jadi pemimpin Taliban pada Mei 2016 lalu. Pemimpin sebelumnya dinyatakan tewas dalam serangan drone AS di Pakistan.

Akhundzada jadi guru selama 15 tahun di sebuah masjid Pakistan. Pernyataan baru itu dibuat sebagai hasil interpretasi ayah Alquran. "Penanaman pohon dan pertanian dianggap tindakan baik secara duniawi karena menguntungkan dan memiliki imbalan besar di akhirat," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement