Senin 27 Feb 2017 04:31 WIB

Gelaran Karpet Merah di Malaysia Tandai Tur Asia Raja Salman

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bayu Hermawan
Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud
Foto: EPA/Jose Huesca
Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Malaysia menyambut kedatangan Salman bin Abdulaziz sebagai tanda awal tur Asia dari Raja Arab Saudi tersebut selama sebulan. Ia akan membangun hubungan dan berusaha menarik lebih banyak investasi.

Dilansir dari Arab News, Senin (27/2), kunjungan ini merupakan yang pertama bagi Raja Arab Saudi selama lebih dari satu dekade terakhir. Malaysia sendiri merupakan investor Asia dengan penjualan saham lima persen di Aramco pada 2018, diharapkan menjadi perusahaan minyak terbesar dunia.

Televisi nasional Malaysia menayangkan liputan langsung dari kedatangan Raja Salman, mulai dari turun pesawat, diterima Perdana Menteri Najib Razak sampai upacara kenegaraan di Parlemen Malaysia. Kedatangan Raja Salman di parlemen disambut 21 tembakan penghormatan.

Selanjutnya, Raja Salman akan mengunjungi Indonesia, Brunei, Jepang, Cina, Maladewa dan Yordania untuk membahas hubungan bilateral dan isu regional dan internasional. Peterona dan Aramco juga akan menandatangani perjanjian untuk kolaborasi di Kilang Malaysia.

Setelah Malaysia, Raja Salman akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan Bali di Indonesia, mulai dari 2-9 Maret dengan rombongan yang lebih besar yaitu sekitar 1.500 orang. Selanjutnya, perjalanan akan dilanjutkan ke Jepang pada 12-14 Maret.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement