Rabu 01 Mar 2017 20:31 WIB

Amina Mohammed Resmi Menjadi Wakil Sekjen PBB

Red: Ilham
Amina Mohammed (kiri).
Foto: Newday
Amina Mohammed (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mantan menteri lingkungan hidup Nigeria, Amina Mohammed secara resmi diambil sumpahnya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PBB, Selasa (28/2). Di dalam pidato penyambutannya, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengatakan, ia sangat gembira dan bangga bahwa mantan menteri wanita itu telah menerima untuk mengabdi bersama dia.

Amina pada Selasa pagi berbicara dengan insan media bahwa ia akan memusatkan diri pada membantu sekretaris jenderal, khususnya untuk menempatkan kembali pembangunan berkelanjutan pada inti PBB. Laporan Xinhua, Rabu malam, dalam tugas pertamanya, Amina mengumumkan pembukaan Segmen mengenai Kegiatan Operasional bagi Pembangunan Dewan Sosial dan Ekonomi (ECOSOC).

Amina mengundurkan diri dari jabatan Dewan Eksekutif Federal Nigeria pada 24 Februari. Sebelumnya, ia adalah pemain utama dalam proses pembangunan pasca-2015, dan bertugas sebagai penasehat khusus Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon dalam perencanaan pembangunan pasca-2015.

Amina Mohammed adalah perempuan Afrika kedua yang diangkat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PBB. Wanita pertama adalah Asha-Roshe Migiro dari Tanzania, yang mengemban tugas antara 2007 dan 2012 di bawah Ban Ki-moon.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement