Selasa , 14 March 2017, 12:55 WIB

Kunjungi Jepang, Raja Salman Bawa Dua Eskalator Emas

Red: Ani Nursalikah
Reuters
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud dan ribuan rombongannya telah tiba di Jepang untuk lawatan perdagangan empat hari di Jepang.

Dilansir dari The Independent, Selasa (14/3), rombongan Raja Salman membawa serta dua eskalator emas. Rombongan tersebut juga meminta disediakan puluhan limusin.

Raja Salman melakukan safari ke beberapa negara Asia untuk meningkatkan perdagangan agar negaranya tidak hanya mengandalkan minyak. Sebelumnya, Raja mengunjungi Indonesia selama sembilan hari dengan membawa 459 ton kargo dan dua limusin merek Mercedes.

Raja Salman juga akan mengunjungi Cina dan Maladewa. Sekitar 1.200 kamar di hotel-hotel paling mewah di Tokyo telah dipesan oleh delegasi selama tiga hari.

Arab Saudi merupakan penyedia minyak terbesar untuk Jepang. Kunjungan Raja Salman ke Jepang merupakan yang pertama kali. Dia terakhir mengunjungi Jepang pada 2014 ketika masih putra mahkota.

Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan Jepang Bersedia menyediakan dukungan bagi Saudi. "Kami akan membicarakan strategi pertumbuhan, termasuk proyek Saudi Vision," katanya.

The Japan Times mengatakan Raja Salman juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Media setempat menyarankan perusahaan Toyota mulai mempertimbangkan membangun pabrik rakitan di Arab Saudi.