Senin , 20 March 2017, 07:14 WIB

Makna Empat Warna Paspor di Dunia

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ilham
depok.imigrasi.co.id
Paspor (ilustrasi).
Paspor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda yang kerap jalan-jalan ke luar negeri tentu sudah mengantongi paspor karena dokumen penting itu adalah syarat berkunjung antarnegara. Tapi, sudah tahukah Anda ada berapa warna paspor di seluruh dunia?

Dilansir dari laman Mirror, terdapat empat warna paspor di dunia, dan masing-masing negara bebas menentukan pilihannya. Berikut makna tiap warna yang dipengaruhi latar belakang historikal berbeda, termasuk daftar sejumlah negara yang menggunakannya.

- Merah

The Economist menyebut paspor warna merah sebagai branding exercise negara-negara pemakainya, yakni Inggris, hampir seluruh anggota Uni Eropa, juga Komunitas Andes yaitu Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru. Swiss juga menggunakan paspor merah karena menyamakan dengan warna benderanya.

 - Biru

Laman Travel and Leisure menyebutkan warna biru pada paspor melambangkan "dunia baru". Paspor biru digunakan oleh Amerika Serikat, 15 negara di Karibia, juga negara-negara di Amerika Selatan seperti Brazil, Argentina, dan Paraguay.

- Hijau

Rata-rata paspor hijau dipakai oleh negara Islam atau negara dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Maroko, Arab Saudi, dan Pakistan. Variasi paspor hijau turut dipakai oleh anggota Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS), termasuk Republik Niger dan Senegal.

Indonesia juga menggunakan paspor umum berwarna hijau, yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Namun, terdapat pula paspor kedinasan yang bersampul biru dan paspor diplomatik yang sampulnya berwarna hitam.

- Hitam

Jika warna lain punya makna tersendiri, negara yang memilih menggunakan paspor berwarna hitam cenderung beralasan warna ini tampak resmi dan tidak mudah kotor. Paspor hitam digunakan oleh Republik Botswana, Zambia, serta New Zealand. Sejumlah negara itu memang menetapkan hitam sebagai warna nasionalnya.

 

 

Berita Terkait