Senin 20 Mar 2017 11:08 WIB

KBRI Kenalkan 10 Tujuan Wisata Baru di Kroasia

Pemandangan alam Belitung
Foto: Republika/Darmawan
Pemandangan alam Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedutaan Besar Republik Indonesia di Zagreb, Kroasia mengenalkan 10 tujuan wisata baru Indonesia yang juga disebut "10 New Balis", dalam Lokakarya Agen Perjalanan Indonesia-Kroasia.

Lokakarya itu diadakan di sela partisipasi KBRI pada pameran pariwisata internasional terbesar di Kroasia, Place2Go yang berlangsung 17-19 Maret, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari KBRI Zagreb diterima di Jakarta, Senin (20/3).

"Salah satu misi Indonesia pada Place2Go tahun ini adalah membantu memperluas jaringan pemasaran produk wisata Indonesia di kawasan Eropa tenggara," kata Kuasa Usaha Ad-interim KBRI Zagreb, Widjoseno Sastroamidjojo.

Widjoseno menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia sedang mempromosikan 10 tujuan wisata baru di Indonesia yang disebut "10 New Balis".

"Melalui kegiatan ini, diharapkan para agen perjalanan Indonesia yang berpartisipasi pada Place2Go dapat menjelaskan '10 New Balis' kepada mitranya di Kroasia," ujar dia lagi.

Adapun 10 tujuan wisata baru Indonesia yang disebut "10 New Balis" itu adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Belitung di Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Gunung Bromo di Jawa Timur, Mandalika Lombok di Nusa Tenggara Barat, Pulau Komodo di Nusata Tenggara Timur, Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Pulau Morotai di Maluku Utara.

Lokakarya yang dihadiri sekitar 50 agen perjalanan asal Kroasia itu, diisi dengan presentasi dari para agen perjalanan Indonesia dan dilanjutkan dengan sesi pertemuan antarbisnis dan membangun jejaring.

Menurut Widjoseno, banyak agen perjalan asal Indonesia dalam lokakarya tersebut merupakan cerminan dari meningkat ketertarikan kalangan sektor pariwisata Indonesia untuk menemukan dan membuka pasar potensial di kawasan Eropa tenggara.

KBRI Zagreb tahun ini kembali berpartisipasi pada pameran pariwisata "Place2Go" dengan membawa sebanyak tujuh agen perjalanan dari Indonesia dan empat agen perjalanan dari kawasan Eropa. "Hal ini menjadi peluang yang baik untuk menjaring wisman asal Kroasia, serta wisman Eropa yang berada di Kroasia untuk berkunjung ke Indonesia," ujar dia pula.

Sebagai negara berpenduduk sekitar 4,2 juta jiwa, Kroasia memiliki potensi pasar pariwisata yang besar. Kroasia mampu mendatangkan rata-rata 12 juta wisatawan mancanegara setiap tahun. KBRI Zagreb mencatat jumlah kunjungan wisatawan asal Kroasia ke Indonesia hanya mencapai 2.504 orang pada 2014.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement