Selasa , 21 March 2017, 01:31 WIB

Norwegia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Youtube
Norwegia
Norwegia

REPUBLIKA.CO.ID, OLSO -- Norwegia menggeser Denmark sebagai negara paling bahagia di dunia. Kemenangan itu disebabkan dapat membangun kepercayaan sosial dan kesetaraan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

Penghargaan kota paling bahagia itu diperoleh dari World Happiness Report 2017 yang diproduksi oleh Sustainable Development Solusi Jaringan (SDSN), sebuah inisiatif global yang diluncurkan oleh PBB pada 2012. Jika Norwegia menjadi negara paling bahagia, negara-negara di wilayah Sahara Afrika, serta Suriah dan Yaman merupakan negara paling tidak bahagia dari 155 negara.

Setelah Norwegia, posisi 10 besar ditempati oleh Denmark, Islandia, Swiss, Finlandia, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Australia dan Swedia . Sedangkan 10 terrendah diisi oleh Sudan Selatan, Liberia, Guinea, Togo, Rwanda, Tanzania, Burundi dan Republik Afrika Tengah.

"Selamat untuk negara yang memiliki masyarakat dengan keseimbangan sehat kemakmuran, seperti yang diukur secara konvensional, dan modal sosial, yang berarti tingkat kepercayaan yang tinggi di masyarakat, ketimpangan rendah dan kepercayaan pada pemerintah," kata direktur SDSN dan penasihat khusus Sekretaris Jenderal PBB Jeffrey Sachs dikutip dari Reuters, Selasa (21/3).

Tujuan dari laporan itu, Sachs menjelaskan, untuk menyediakan alat lain bagi pemerintah, bisnis dan masyarakat sipil untuk membantu negara-negara mereka menemukan cara yang lebih baik untuk lebih sejahtera. Sedangkan poin penilaian berdasarkan kesempatan kerja, ketimpangan pendapatan, harapan hidup, PDB per kapita, kepercayaan publik, dan dukungan sosial.