Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Ini Pulau Berpenduduk Terpadat di Dunia

Selasa 21 March 2017 03:09 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko

Mingingo, Kenya

Mingingo, Kenya

Foto: thechessdrum.net

REPUBLIKA.CO.ID, MINGINGO -- Mingingo merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Danau Victoria, Kenya. tempat tersebut menjadi pulau paling padat penduduk di seluruh dunia.

Wilayah dengan julukan "Iron Clad Island” ini terbentuk dari dua orang nelayan Kenya bernama Dalmas Tembo dan George Kibebe, yang tinggal tahun 1991.  Sejarah lain mengungkapkan jika orang pertama yang menempati berasal dari  Uganda, Joseph Unsubuga.

Hanya berukuran 0,49 are, pulau tersebut ditempati oleh 131 warga pada tahun 2009, namun, sumber lain mengatakan jika penduduk justru mencapai 1000 orang pada tahun ini. Dengan luasa wilayah hanya 0,0049 hektar ini membuat pulau tersebut menjadi paling padat di antara pulau-pulau lain yang ada.

Meledak pertambahan penduduk di wilayah sempit itu diakibatkan oarang berdatangan dari Kenya, Uganda dan Tanzania untuk menjadi nelayan di Migingo. kepadatan ini bahkan sampai titik di mana tidaka da ruang lagi untuk orang berjalan di sekitar wilayah.

Untuk menekan jumlah pertumbuhan, pihak berwajib telah melakukan pembatasan. Selain itu, beberapa tahun belakang, tangkapan di sekitar perairan Migingo mulai berkurang sebab maraknya pembajak, sehingga banyak warga mulai berpindah tempat.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES