Kamis 23 Mar 2017 07:09 WIB

Turkish Airlines Angkut 60 Ton Bantuan ke Somalia

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Turkish Airlines
Foto: EPA/Nicolas Armer
Turkish Airlines

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turkish Airlines akan mengirimkan 60 ton bantuan kemanusiaan senilai dua juta dolar AS untuk bencana kelaparan yang melanda Somalia. Bantuan tersebut merupakan bagian dari kampanye yang dilakukan bintang Vine dan Snapchat, Jerome Jarre.

Pada awalnya, melalui jejaring sosial Twitter, bintang Hollywood Ben Stiller meminta Turkish Airlines meminjamkan salah satu pesawatnya untuk mengirim bantuan ke Somalia. Banyak pengguna Twitter dari seluruh dunia yang mendukung hal itu dan membuat tanda pagar (tagar) #TurkishAirlinesHelpSomalia.

Pada 17 Maret, Turkish Airlines menanggapi tweet Stiller dengan mengatakan: "Siap lepas landas untuk membantu Somalia".

Bantuan sebesar dua juta dolar AS telah dicapai, Rabu (22/3). Sebanyak 75 ribu orang telah berpartisipasi sebagai donor, yang difasilitasi oleh Jarre.

Juru bicara Presiden Turki, Ibrahim Kalin mengaku telah berbicara dengan Stiller melalui telepon dalam membicarakan bantuan itu. "Kerja yang bagus dari Ben Stiller dan teman-temannya untuk rakyat Somalia. Kami siap membantu," ujar Kalin, dikutip Anadolu.

Presiden Red Crescent Turki, Kerem Kinik juga mengucapkan terima kasih kepada Stiller yang telah meningkatkan kesadaran terkait masalah ini. Ia mengatakan, lembaga amalnya sedang mempersiapkan tiga kapal dan tiga pesawat kargo untuk mengirim bantuan ke Yaman, Somalia, dan Sudan Selatan melalui Turkish Airlines.

Menurut PBB, lebih dari 20 juta orang berada di ambang kelaparan di Afrika timur, termasuk sekitar 1,4 juta anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement