Selasa 21 Feb 2012 19:57 WIB

John Baron: Aksi Militer Terhadap Iran akan Menjadi Bencana

Ancaman perang AS melawan Iran (ilustrasi)
Ancaman perang AS melawan Iran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Sanksi yang diberlakukan Barat terhadap Iran dinilai telah gagal. John Baron, seorang anggota parlemen Inggris, mengatakan, kebijakan kontroversial itu telah gagal, karena Teheran tidak akan menghentikan program nuklirnya.

Rencananya, parlemen Inggris akan membahas program nuklir Iran pada Selasa (21/2). Selain itu, parlemen Inggris juga akan mengambil voting soal usulan sejumlah anggota parlemen untuk menghindari aksi militer terhadap Iran. Usulan tersebut telah diserahkan kepada parlemen oleh John Baron. Dia adalah anggota parlemen Inggris yang menentang opsi militer ke Iran.

Baron menandaskan bahwa opsi militer ke Iran harus berdasarkan pada bukti-bukti kuat. Laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) tentang program nuklir Iran menunjukkan tidak adanya bukti kuat yang menjelaskan aspek militer program nuklir Teheran.

''Kenyataan yang harus kita terima adalah sanksi-sanksi Barat anti-Iran telah gagal, karena kebijakan ini telah usang dan Teheran tidak akan menghentikan program nuklirnya,'' tutur Baron.

Menurut dia, langkah militer terhadap Iran akan menjadi bencana bagi kawasan. Ia menilai Opsi militer tidak akan pernah sukses, sebab teknologi tidak dapat dilenyapkan dengan aksi militer. Jika langkah ini diteruskan maka kita akan menghadapi bencana.

sumber : irib
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement