Jumat 26 May 2017 17:10 WIB

Trump: Korut Masalah Dunia dan akan Dipecahkan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Foto rilis dari pemerintah Korea Utara menggambarkan upaya percobaan rudal balistik jarak jauh  Hwasong-12 (Mars-12) diluncurkan militer Korea Utara
Foto: KCNA/Reuters
Foto rilis dari pemerintah Korea Utara menggambarkan upaya percobaan rudal balistik jarak jauh Hwasong-12 (Mars-12) diluncurkan militer Korea Utara

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Jumat (26/5) mengatakan Korea Utara (Korut) adalah masalah besar. Tidak hanya bagi negara-negara di Asia tapi juga dunia.

Hal tersebut ia ungkapkan ketika menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menjelang Konferensi Tingkat Tinggi negara anggota G7 di Taormina, Sisilia, Italia. Dalam kesempatan tersebut Trump juga meyakinkan Abe isu-isu seputar negara Asia, termasuk Korut akan diselesaikan.

"Ini sangat penting dalam pikiran kita. Ini adalah masalah besar (isu Korut), ini adalah masalah dunia dan akan dipecahkan. Pada titik tertentu akan terpecahkan. Anda bisa bertaruh untuk itu," ujar Trump.

Ancaman nuklir dan rudal Korut memang telah menjadi tantangan keamanan bagi Trump. Bahkan Trump pernah sesumbar Korut tidak akan pernah bisa menghantam AS dengan rudal yang dikembangkannya secara intens melalui serangkaian uji coba.

Pada pekan lalu, Korut melakukan uji coba rudal balistik sebanyak dua kali. Pada Ahad (21/5) Korut menguji rudal balistik bernama Pukguksong-2 yang telah menggunakan sistem bahan bakar padat.

Korut mengklaim uji coba Pukguksong-2 sukses dan seusai ekspektasi. Pukguksong-2 disebut telah memiliki semua kebutuhan teknis yang diperlukan Korut dan siap untuk diproduksi massal.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement