Kamis , 20 April 2017, 07:02 WIB

Ini Delapan Pasukan Elite Dunia Paling Tangguh di Dunia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Pasukan khusus Angkatan Laut AS, Navy SEAL, yang disebut-sebut menjadi inti pasukan penyergap yang menewaskan Osama bin Laden
Pasukan khusus Angkatan Laut AS, Navy SEAL, yang disebut-sebut menjadi inti pasukan penyergap yang menewaskan Osama bin Laden

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap pasukan keamanan sebuah negara memiliki sebuah satuan unit khusus. Pasukan elite khusus biasanya merupakan orang-orang paling terlatih dan paling tangguh.

Mereka melakukan banyak pekerjaan yang sering kali harus berhadapan dengan pasukan negara lain. Kekuatan pasukan elite khusus ini banyak teruji ketangguhannya.

Namun, di antara negara-negara lain, nyatanya beberapa pasukan elite khusus sebuah negara mendapatkan kehormatan menjadi lebih baik di antara lainnya. Berikut ini delapan pasukan elite khusus terbaik dunia, dikutip dari Independent, Kamis (20/4).

1. Navy SEAL Amerika Serikat

Pasukan yang dibentuk tahun 1962 ini telah mendapatkan pelatihan selama bertahun-tahun. Banyak operasi militer yang sudah dilakukan dan bersingungan dengan operasi milter negara lain.

2.  Special Boat Service Inggris

Proses seleksi tim khusus ini melibatkan tes ketahanan yang melelahkan, pelatihan di hutan hujan Belize, dan pelatihan bertahan hidup yang melibatkan interogasi mendalam terhadap kandidat.

3. Special Air Service Inggris

Dikenal dengan SAS, pasukan elit khusus ini merupakan mitra dari Special Boat Service. Jika berbicara kedudukan pasukan ini dalam pertempuran yang terjadi setelah Perang Irak, Jenderal US Stanley McChrystal mengatakan "Penting, kita tidak bisa melakukannya tanpa mereka."

4. Sayeret Matkal Israel

Pasukan ini merupkan pasukan intelijen dan seringkali beroperasi jauh di belakang garis musuh. Selama kamp seleksi (Gibbush), calon rekrutan akan menjalani latihan sangat keras bersama dengan pantauan oleh dokter dan psikolog.

5. National Gendarmerie Intervention Group Prancis

Kelompok dengan anggota berjumlah 200 orang ini tidak bisa dianggap enteng. Dengan orang-orang terkuat dan terlatih secara khusus, mereka terbiasa untuk menangani situasi penyanderaan. Mereka mengklaim telah membebaskan lebih dari 600 orang sejak dibentuk pada 1973. Memperlihatkan gambar wajah GIGN dianggap melanggar undang-undang.

6. Alpha Group Rusia

Salah satu unit pasukan khusus yang paling terkenal di dunia. Unit antiterorisme ini diciptakan oleh KGB pada 1974 dan tetap beroperasi di bawah FSB.

7. Unidad de Operaciones Especiales Spanyol

Angkatan Perang Khusus Angkatan Laut Spanyol telah lama menjadi salah satu kekuatan khusus Eropa yang paling dihormati. Didirikan sebagai unit sukarelawan Amfibi Climbing Company pada 1952, sejak itu menjadi kekuatan tempur elit.

8. Special Services Group Pakistan

Mendapatkan julukan Black Storks, pasukan khusus ini melakukan pelatihan cukup berat. Kandidat mesti melakukan latihan selama 12 jam dan lari 5 mil selama 50 menit dengan peralatan.

Pada bulan Oktober 2009, pasukan komando SSG menyerbu sebuah gedung perkantoran dan menyelamatkan sekitar 40 orang yang disandera oleh gerilyawan Taliban. Serangan tersebut dicurigai dilakukan setelah melakukan serangan ke markas tentara.