Jumat , 21 April 2017, 04:27 WIB

Kisah MS-13, Geng Jalanan Paling Brutal di Dunia

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ani Nursalikah
Reuters
Salah satu anggota geng jalanan MS-13 yang dikenal sebagai salah satu geng paling brutal di dunia.
Salah satu anggota geng jalanan MS-13 yang dikenal sebagai salah satu geng paling brutal di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Serangkaian peristiwa pembunuhan brutal di Amerika Serikat (AS) telah membuat publik menyoroti keberadaan MS-13. MS-13 merupakan geng jalanan yang lahir di Los Angeles dan berakar dari El Salvador.

Peristiwa pembunuhan terbaru terjadi di Long Island dimana MS-13 telah membunuh empat laki-laki. Dilansir dari BBC, Jumat (21/4), jasad para korban tewas ditemukan dalam keadaan hancur di hutan setempat.

Presiden AS Donald Trump lewat cicitan di media sosialnya meminta aparat menemukan keberadaan geng yang dicap buruk oleh publik tersebut. Jaksa Agung AS, Jeff Sessions, telah menyatakan akan menumpas MS-13. Keduanya menyalahkan kebijakan imigrasi presiden AS sebelumnya, Barrack Obama, sebagai pemicu kebangkitan geng.

Sejarah geng MS-13 bermula di bagian timur Los Angeles pada 1980-an. Geng ini dibentuk oleh para imigran asal El Salvador yang telah melarikan diri dari perang sipil panjang dan brutal di negara itu. Anggota geng diketahui berasal dari berbagai negara Amerika tengah, seperti Honduras, Guatemala dan Meksiko.

MS merupakan singkatan dari Mara Salvatrucha, yang dikatakan sebagai kombinasi Mara yang berarti geng. Sedangkan salva untuk Salvador, dan trucha yang secara kasar diterjemahkan ke dalam smart street. Angka 13 mewakili posisi M dalam alfabet.

MS-13 membangun reputasi berupa kekerasan ekstrem dan membunuh menggunakan parang. Geng ini berakar di lingkungan yang didominasi kelompok Meksiko, kemudian berkembang ke daerah lain. Menurut FBI, geng tersebut kini telah menyebar ke 46 negara bagian AS.

Pada 2012, Departemen Keuangan AS menyebut geng MS-13 sebagai organisasi kriminal transnasional. Ini adalah geng jalanan pertama yang disejajarkan dengan kartel kejahatan internasional seperti Zetas Meksiko, Yakuza Jepang dan Camorra Italia.

Business Insider

Berita Terkait