Jumat , 21 April 2017, 17:42 WIB

Trump Undang PM Vietnam ke AS

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri
Donald Trump
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah mengundang Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc ke negaranya. Dari laporan yang ditulis dalam situs resmi pemerintah salah satu negara Asia Tenggara (Asean) itu pada Jumat (21/4), kedua pemimpin negara disebut akan memperkuat kerjasama dalam berbagai bidang.

Selama ini, Vietnam telah memiliki hubungan bilateral yang lebih baik dengan AS pada masa pemerintahan mantan presiden Barack Obama. Salah satu kersama utama kedua negara adalah di bidang keamanan.

Sejak Trump menjabat sebagai pemimpin Negeri Paman Sam pada 20 Januari lalu, ia menekankan pentingnya bekerjasama dengan Vietnam. Masing-masing pemerintah negara tersebut juga mempromosikan hubungan mereka ke tingkat lebih lanjut.

Surat undangan untuk kunjungan PM Vietnam Phuc telah diberikan melalui Penasihat Keamanan Nasional AS, H.R McMaster. Ia memberikan itu kepada Wakil PM Vietnam Pham Binh Minh yang saat ini juga tengah berkunjung ke negara adidaya itu.

Sebelumnya, Phuc mengatakan siap berkunjung ke AS untuk meningkatkan hubungan kedua negara. Beberapa mengatakan AS dan Vietnam akan bekerjasama dalam menghadapi sengketa di Laut Cina Selatan yang sebagian besar wilayah perairan itu diklaim oleh Cina, dilansir laman Reuters.