Ahad 23 Apr 2017 13:12 WIB

Dua Kapal Tempur Jepang Susul Kapal Tempur AS ke Semenanjung Korea

Rep: Crystal Liestia Purnamax/ Red: Teguh Firmansyah
Peta Semenanjung Korea yang terbagi jadi Korea Utara dan Korea Selatan
Foto: all-that-is-interesting.com
Peta Semenanjung Korea yang terbagi jadi Korea Utara dan Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Dua kapal tempur Jepang dikirimkan ke Semenanjung Korea pada Ahad (23/4) waktu setempat. Kapal Jepang itu menyusul kapal tempur milik Amerika Serikat (AS) yang telah terlebih dulu berada di kawasan itu.

Dua kapal Samidare dan Ashigara, bertolak dari Jepang barat pada Jumat (21/4) untuk menyusul USS Carl Vinson. Ini sebagai bentuk solidaritas Jepang terhadap AS yang mengutuk program uji coba rudal dan nuklir Korea Utara.

"Kapal pemburu itu akan berlatih beragam taktik dengan kapal tempur AS," demikian pernyataan dari Pasukan Pertahanan Maritim Jepang (MSDF), Ahad (23/4).

Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, militer Jepang memerintahkan pengiriman kapal perang untuk menemani Carl Vinson ke utara, setidaknya ke Laut Cina Timur. Sementara MSDF tidak menyebutkan berapa lama pihaknya membiarkan kapal itu menemani Carl Vinson.

Langkah yang ditunjukkan oleh angkatan laut Jepang itu dinilai merupakan kekhawatiran atas ancaman Korut. Pyongyang bisa saja menyerang Tokyo dengan hulu ledak nuklir atau senjata kimia.

Korut yang seringkali melanggar sanksi PBB dengan melakukan uji coba rudal balistik maupun nuklir.  Korut sudah lima kali melakukan uji coba rudal balistik akhir-akhir ini. Dua di antaranya dilakukan pada tahun ini.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement