Senin 24 Apr 2017 04:00 WIB

Pembangunan Tembok Perbatasan Meksiko Berpotensi Buat Pemerintah AS Bangkrut

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Agus Yulianto
Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko (Ilustrasi)
Foto: VOA
Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sekretaris Komite Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (Homeland Security) John Kelly mengatakan, keingingan Trump untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan Meksiko, berpotensi membuat pemerintah bangkrut.

Kelly mengungkapkan hal tersebut akan terjadi kalau kongres tetap tidak menyetujui kucuran dana yang diminta Trump. Dikatakannya, kalau pembangunan tersebut tetap dilanjutkan, maka pemerintah akan kehabisan anggaran hingga pemerintahan terpaksa harus ditutup.

"Secara terang-terangan presiden jelas akan mengikuti keinginannya untuk membangun tembok dan untuk itu dia membutuhkan dana," kata John Kelly seperti dilansir Independent, Ahad (24/4).

Sebelumnya, Presiden Donald Trump meminta legislatif untuk meloloskan rancangan anggaran 1,5 miliar dolar AS guna membangun tembok di sepanjang perbatasan Meksiko. Namun, rencana itu terancam gagal setelah para politisi Republik di Kongres menyatakan menunda pembahasan permintaan tersebut.

Semetara, biaya untuk membangun tembok perbatasan itu disebut-sebut akan mencapai 21,6 miliar dolar AS. Nominal itu jauh lebih besar dari angka yang disodorkan Trump sebesar 12 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement