Selasa 25 Apr 2017 18:14 WIB

Kapal Selam Perang AS Tiba di Korsel

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Kapal selam AS bertenaga nuklir, USS Michigan.
Foto: Reuters
Kapal selam AS bertenaga nuklir, USS Michigan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sebuah kapal selam Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah tiba di Korea Selatan (Korsel), Selasa (25/4). Kapal yang merupakan bagian dari kelompok kapal perang USS Carl Vinson  tiba di Pelabuhan Busan.

Kapal yang disebut sebagai USS Michigan ini merupakan kapal selam bertenaga nuklir. Di dalamnya juga memuat sebanyak 154 rudal Tomhawk yang digunakan sebagai senjata utama. Tak ketinggalan ada 60 pasukan operasi khusus yang ada dalam USS Michigan dan kapal selam mini.

Langkah ini diyakini merupakan lanjutan dari tindakan sepihak AS terhadap Korea Utara (Korut). Sebelumnya, melalui Presiden Donald Trump, negara itu mengatakan akan menyebarkan kekuatan militer di Semenanjung Korea.

Komando AS untuk Asia Pasifik mengatakan bahwa penyebaran kelompok angkatan bersenjata yang dikenal sebagai Carl Vinson ditempatkan di Semenanjung Korea adalah sebagai langkah antisipasi.

Selama ini, di wilayah tersebut ketegangan terjadi dengan adanya serangkaian tes perangkat nuklir oleh Korut, yang mengancam negara-negara sekitarnya, khususnya Korsel dan Jepang.

Carl Vinson terdiri dari sebuah kapal induk dan perang lainnya. Sebelumnya, unit angkatan laut AS itu ditempatkan di pelabuhan Australia dan Singapura. Hingga beberapa waktu lalu, dialihkan ke barat Samudera Pasifik. Di sana, digelar latihan perang bersama dengan angkatan laut Korsel.

Tindakan AS kali ini juga dilakukan buat yang pertama kali sejak Korut melakukan uji coba nuklir pada 2006 lalu. Trump telah dengan tegas mengatakan negaranya siap melakukan tindakan sepihak dalam menghadapi ancaman senjata itu, seperti halnya terhadap Suriah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement