Rabu 26 Apr 2017 14:43 WIB

Paus Fransiskus Minta Pemimpin Dunia Lebih Rendah Hati

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Angga Indrawan
Paus Fransiskus
Foto: EPA/Alesasandro Di Meo
Paus Fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID, VANCOUVER -- Konferensi TED 2017 di Vancouver, Kanada diberi kejutan dengan video yang direkam langsung di Vatican City. Dalam video berdurasi 18 menit itu, Paus Fransiskus segara tegas meminta para pemimpin berpengaruh di dunia untuk lebih rendah hati.

''Semakin anda berkuasa, makin berpengaruh perilaku anda terhadap orang lain, dan makin anda harus bertanggung jawab untuk bersikap rendah hati,'' kata Paus Fransiskus seperti dikutip The Guardian, Rabu (26/4).

Sebab, lanjut Paus, bila seorang pemimpin tidak rendah hati, kekuasaannya tidak hanya akan menghancurkannya tapi juga orang lain.

Pesan ini sekaligus menguatkan pesan-pesan Paus sebelumnya yang meminta agar warga dunia tidak mengabaikan imigran, warga miskin, dan agar inovasi teknologi tidak meninggalkan siapapun terbelakang.

Berbicara dalam Bahasa Italia dengan teks terjemahan dalam video, Paus Fransiskus juga mengajak warga dunia untuk menguatkan solidaritas dan menghentikan kultur mubazir tidak hanya untuk makanan, tapi juga menyiakan manusia melalui sistem ekonomi yang mengandalkan otomasi.

''Akan sangat indah jika perkembangan sains dan teknologi berjalan beriring dengan kesetaraan dan inklusifitas sosial,'' kata Paus.

Konferensi tahunan TED Talk menuai popularitas telah menarik perhatian miliaran orang sejak mulai bergulir pada 2006 lalu. Selain Paus Fransiskus, pembicara lain dalam TED Talk tahun ini antara lain petenis Serena Williams dan CEO SpaceX Elon Musk.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement