Kamis 27 Apr 2017 14:54 WIB

Pasukan Irak Rebut Kembali Kota Kuno Hatra dari ISIS

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Kota kuno Hatra yang dihancurkan militan ISIS.
Foto: Reuters
Kota kuno Hatra yang dihancurkan militan ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, HATRA -- Pasukan Irak berhasil merebut kembali kota kuno Hatra dari ISIS, Rabu (26/4). Kota yang dinyatakan sebagai situs bersejarah oleh UNESCO ini merupakan daerah terbaru yang berhasil direbut setelah bertahun-tahun dikuasai oleh kelompok teroris itu.

"Kami telah membebaskan kota kuno Hatra setelah terjadi bentrokan sengit dengan musuh," ujar pasukan Hashid Al-Shaabi dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Arab News.

Pasukan Hashid Al-Shaabi yang membantu tentara Irak melancarkan serangan pada waktu subuh, Selasa (25/4). Dengan cepat mereka dapat merebut kembali desa-desa sekitar situs arkeologi Hatra yang terletak di wilayah gurun.

Pusat kota Hatra yang lebih moderen belum sepenuhnya dikuasai pasukan tersebut. Namun, Hashid Al-Shaabi mengatakan pasukannya berhasil masuk ke dalam kota setelah pertahanan ISIS runtuh.

Mereka menyatakan telah menewaskan 61 militan ISIS, termasuk 19 pelaku bom bunuh diri dalam serangan yang dilakukan selama dua hari itu. Mereka juga mengevakuasi sekitar 2.500 warga sipil yang meninggalkan rumah.

Kemajuan serangan tersebut didukung juga oleh helikopter militer Irak. Hatra, merupaka area seluas 800 km persegi yang terletak sejauh 120 km dari barat daya Mosul.

Baca juga,  Pasukan Irak Terlibat Bentrokan Sengit dengan ISIS di Mosul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement