Kamis 27 Apr 2017 17:46 WIB

Meningitis Renggut 813 Jiwa di Nigeria

Peta Nigeria
Foto: Google
Peta Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Wabah meningitis di Nigeria merenggut 813 jiwa sepanjang tahun ini, dengan bantuan berusaha mengatasi lonjakan infeksi di negara berpenduduk paling padat di Afrika itu. Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Nigeria Isaac Adewole, Rabu (27/4).

Pemerintah pada Rabu menyetujui pencarian dari rumah ke rumah di Nigeria utara untuk menemukan penderita meningitis agar mereka mendapat vaksinasi dan perawatan, kata dia kepada wartawan setelah rapat kabinet dipimpin wakil presiden Yemi Osinbajo.

Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC) menyebutkan vaksinasi massal diluncurkan pada April sebagai bagian dari tanggap darurat terhadap wabah meningitis.

NCDC mengatakan bahwa infeksi tersebut menewaskan 33 orang pada 2016. Lebih dari 2.000 orang tewas karena wabah penyakit di Nigeria pada 2009, dengan perawatan kesehatan dasar terbatas di daerah pedesaan, di mana kebanyakan orang hidup dengan penghasilan kurang dari 2 dolar AS per hari, meskipun sumber daya minyak mereka sangat besar.

Meningitis adalah radang jaringan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang, yang disebabkan infeksi virus atau bakteri. Wabah itu menyebar terutama melalui ciuman, bersin, batuk dan lingkungan tempat tinggal.

NCDC bekerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia, Dana Anak-anak PBB dan Dokter Tanpa Perbatasan untuk mengendalikan wabah tersebut.

sumber : AntaraAntara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement