Selasa 16 May 2017 16:29 WIB

Rumah Mantan Menteri Keuangan India Digeledah

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Police line
Foto: Wikipedia
Police line

REPUBLIKA.CO.ID, MADRAS -- Biro Investigasi Pusat India (CBI) melakukan penggeledahan terhadap rumah dari mantan menteri keuangan P Chidambaram dan anaknya di Chennai atau dikenal dengan Madras. Hal ini dilakukan terkait dengan penyelidikan kasus pelanggaran finansial negara itu.

CBI disebut menyelidiki kelonggaran kebijakan investasi untuk perusahaan-perusahaan yang pernah ditetapkan di masa jabatan Chidambaram. Penyelidikan dilakukan di sejumlah kota di India, diantaranya Mumbai, New Delhi, dan Gurgaon.

Chidambaram menjabat sebagai menteri keuangan India hingga 2014. Saat itu, partai pengusungnya, Indian National Congress diberhentikan dan membuatnya harus turut lengser dari jabatan tersebut.

Namun, Chidambaram mengatakan penggeledahan rumah tinggal ia dan sang putra dilakukan sebagai peringatan. Ia menilai Pemerintah India yang saat ini dipimpin oleh Narendra Modi tengah mencoba membungkam suaranya.

Ia selama ini kerap mengkritik Modi melalui berbagai artikel, termasuk juga saat menyampaikan pidato.

"Selama masa jabatan saya sebagai menteri keuangan, kasus apa pun itu akan diproses sesuai hukum dan bukan seharusnya seperti saat ini," ujar Chidambaram, dilansir BBC, Selasa (16/5).

Sementara itu, Indian National Congress juga menyampaikan pernyataan bahwa kemungkinan penggeledahan rumah Chidambaram menjadi sebuah upaya politik. Partai itu menyebut bahwa langkah ini menjadi tanda Modi bersiap melawan saingan politiknya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement