Senin 25 May 2015 15:16 WIB

Cina Peringatkan Perang dengan AS di Laut Cina Selatan

Kapal-kapal dalam armada Cina, lengkap dengan persenjataan siap tempur dikirim untuk berpatroli di Laut Cina Selatan
Foto: www.china
Kapal-kapal dalam armada Cina, lengkap dengan persenjataan siap tempur dikirim untuk berpatroli di Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Koran resmi pemerintah Cina, Senin (25/5), menulis perang Cina dengan Amerika Serikat terkait Laut Cina Selatan tidak dapat dihindari kecuali AS berhenti menuntut Cina menghentikan pembangunan pulau di wilayah laut bersengketa itu.

"The Global Times", tabloid nasionalis berpengaruh milik koran resmi Partai Komunis Cina "Harian Rakyat", dalam tajuknya menyatakan Cina bertekad menyelesaikan pembangunan tersebut, dengan menyebutnya inti terpenting.

Tajuk tersebut muncul di tengah peningkatan ketegangan atas pengurukan oleh Cina di Kepulauan Spratly, Laut Cina Selatan. Cina pekan lalu mengatakan sangat tidak senang setelah pesawat mata-mata AS terbang di atas pulau karang tersebut. Cina harus menyiapkan secara hati-hati terkait kemungkinan perang dengan Amerika Serikat, kata surat kabar itu.

"Jika kepentingan Amerika Serikat adalah menginginkan Cina menghentikan kegiatannya, maka perang AS-Cina tidak bisa dihindari di Laut Cina Selatan," kata surat kabar itu.

Tanggapan tersebut bukan pernyataan kebijakan resmi, namun terkadang dipandang sebagai cermin pemikiran pemerintah. "The Global Times" adalah salah satu surat kabar paling nasionalis di Cina.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement