Ahad 27 Nov 2011 12:44 WIB

Populasi Wanita Gemuk di Inggris Paling Banyak se-Eropa

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Didi Purwadi
Obesitas
Foto: www.dailymail.co.uk
Obesitas

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Jumlah perempuan yang mengalami obesitas di Inggris paling banyak dibandingkan dengan negara lain di Eropa. Demikian menurut data Uni Eropa.

Pada 2008-2009, data perwakilan Eurostat yang meneliti di 19 negara menemukan hampir seperempat perempuan Inggris atau 23,9 persen tercatat mengalami obesitas atau kegemukan. Sedangkan, laki-laki Inggris yang mengalami obesitas mencapai 22 persen atau berada di urutan kedua setelah Malta.

Seseorang digolongkan mengalami kegemukan jika indeks massa tubuh (BMI) mereka mencapai 30 atau lebih. BMI dihitung dari pembagian berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Seseorang disebut mengalami kelebihan berat badan jika BMI mereka mencapai angka 25-30.

Setelah Inggris, negara kedua dengan tingkat obesitas tertinggi di kelompok perempuan adalah Malta dengan jumlah 21,1 persen. Latvia sebanyak 20,9 persen dan Hungaria menempati urutan keempat.

Apa yang terjadi di Inggris berbanding terbalik dengan Rumania di mana hanya 8 persen perempuan dan 7,6 persen laki-laki mengalami obesitas. Tingkat obesitas di Italia, Bulgaria dan Prancis juga rendah.

Untuk menurunkan angka obesitas di Inggris, Menteri Kesehatan Andrew Lansley meluncurkan tawaran untuk mengurangi tingkat obesitas di Inggris pada 2020. Ia mengatakan masyarakat harus lebih jujur kepada diri mereka sendiri mengenai jumlah makanan dan minuman mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement