Kamis 01 Jun 2017 14:50 WIB

Helikopter Turki Jatuh Tabrak Kabel Listrik Tegangan Tinggi

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Budi Raharjo
Bendera Turki
Bendera Turki

REPUBLIKA.CO.ID,ANKARA -- Sedikitnya 13 tentara Turki tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter di dekat perbatasan dengan Irak. Helikopter AS532 Cougar milik militer Turki dilaporkan jatuh pada Rabu (31/5) sesaat setelah lepas landas dari wilayah Senoba di Provinsi Sirnak.

"Sebagai akibat dari kecelakaan yang mengerikan itu, rekan-rekan kami di dalam helikopter, tewas sebagai pahlawan," kata pernyataan yang dikeluarkan militer Turki, dikutip Aljazirah.

Helikopter dilaporkan jatuh pada pukul 20.55 waktu setempat. Informasi awal mengindikasikan helikopter tersebut menabrak jalur transmisi tegangan tinggi.

Kantor gubernur untuk Provinsi Sirnak mengatakan, helikopter jatuh di dekat Kota Uludere, tiga menit setelah lepas landas. Kecelakaan itu terjadi saat pasukan Turki terlibat dalam operasi militer melawan militan Kurdi di wilayah pegunungan Provinsi Sirnak.

Kepala Staf Militer Turki, Jenderal Hulusi Akar, saat ini sedang melakukan perjalanan ke lokasi kecelakaan untuk melakukan inspeksi. Wakil Perdana Menteri Turki Mehmet Simsek, Menteri Pertahanan Turki Fikri Isik, dan Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu juga akan mengunjungi lokasi.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan langsung memimpin pertemuan dengan Dewan Keamanan Nasional di Ankara, sesaat setelah mendengar laporan mengenai kecelakaan itu.

Kecelakaan serupa juga terjadi pada Maret lalu. Sebanyak tujuh orang, termasuk empat warga negara Rusia, tewas saat sebuah helikopter milik pribadi jatuh di Istanbul setelah menabrak sebuah menara televisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement