Kamis 08 Jun 2017 06:39 WIB

Korut Kembali Tembakkan Rudal

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Foto rilis dari pemerintah Korea Utara menggambarkan upaya percobaan rudal balistik jarak jauh  Hwasong-12 (Mars-12) diluncurkan militer Korea Utara
Foto: KCNA/Reuters
Foto rilis dari pemerintah Korea Utara menggambarkan upaya percobaan rudal balistik jarak jauh Hwasong-12 (Mars-12) diluncurkan militer Korea Utara

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Utara (Korut) dilaporkan telah menembakkan proyektil yang diduga rudal, Kamis (8/6). Menurut keterangan kepala staf gabungan Korea Selatan, rudal tersebut diluncurkan di dekat kota pelabuhan Wonsan.

"Korut pada Kamis pagi meluncurkan beberapa proyektil tak dikenal yang diduga merupakan rudal darat ke kapal. Peluncuran (rudal) tersebut terjadi di dekat kota pelabuhan Wonsan di pantai timur Korut," ungkap kepala staf gabungan Korsel, seperti dilaporkan laman CNN.

Penembakkan proyektil yang diduga rudal tersebut juga dikonfirmasi oleh pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS). "Rezim Kim Jong-un menembakkan empat rudal pelayaran antikapal," ujarnya.

Terkait hal ini, media pemerintah Korut belum menyinggung atau melaporkan tentang peluncuran proyektil yang diduga rudal tersebut. Pejabat atau otoritas berwenang Korut pun belum memberikan keterangan atau pernyataan.

Ini merupakan uji coba rudal keempat yang dilakukan Korut sejak Presiden Korsel Moon Jae-in resmi menjabat pada Mei lalu. Pada masa kampanyenya, Moon mengatakan akan melakukan pendekatan dengan dialog agar Korut menghentikan program rudal nuklirnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement